Minggu, 19 Mei 2013

DIUTUS MENJADI SAKSI KRISTUS

DIUTUS MENJADI SAKSI KRISTUS

Pd saat Yesus Kristus naik ke sorga, salah satu SabdaNya yg sangat penting dicatat di Kisah 1:7-8 sbb.:
“Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Ada dua hal penting di dalam pernyataan Firman Tuhan tsb., yaitu:
(1) “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasaNya.”

Implementasi bg umat Kristen pd masa kini:
Umat Kristen kiranya dapat membatasi keingin-tahuannya tentang sgl sesuatu baik di bumi maupun di alam baka. Ada berbagai hal (entah penting atau tidak penting) yg memang tidak perlu bagi para murid2Nya untuk mengetahuinya. Misalnya: kapankah Yesus Kristus akan datang untuk kedua kalinya sbg Hakim yang Mahaadil & Maha-agung ? Bagaimanakah nasib orang-orang lain yang menurut kita berperilaku buruk atau tdk taat kepada Tuhan ? Dengan pernyataan Firman Tuhan tsb., umat Kristen ditegaskan untuk menghormati kuasa Allah, dan mengakui keterbatasan dirinya sendiri. Dan pd sisi lain, agar lebih fokus berkonsentrasi kepada apa yang ditugaskan oleh Tuhan, yaitu menjadi saksiNya.

(2) “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi Saksi-Ku…”

Roh Kudus telah memberikan kuasa (dynamus) bagi umat Kristen. “Kuasa” yg diberikan oleh Roh Kudus ini bukan kuasa duniawi seperti dalam bidang politik, jabatan, ekonomi (harta), atau kekuatan massal. Namun, “kuasa” dari Roh Kudus tsb. adalah kuasa untuk melawan dosa, menaklukkan iblis, dan terutama UNTUK MENJADI SAKSI KRISTUS di manapun kita berada.

MENJADI SAKSI KRISTUS BERARTI:
* Menyaksikan bhw Yesus Kristus adalah Tuhan & Juruselamat manusia (yg percaya)
* Memberitakan Firman Tuhan & kehendak Allah.
* Menjadi teladan yang baik dan benar sebagai murid-murid Tuhan maupun umatNya.
* Menyaksikan pekerjaan2 Roh Kudus dalam nama Yesus Kristus.
* Memperkenalkan/menyaksikan perihal sifat-sifat Ilahi, misalnya: Maha-baik, Maha-kuasa, Maha-mulia, Maha-adil, Maha-tahu, Maha-kasih, dlsb.

JANGANLAH SALAH “MESSAGE” & SALAH ARAH:
* Menjadi saksi Kristus tidak sama dan tidaklah harus dengan menyoroti kelemahan/kesalahan kepercayaan yg berbeda. Namun mestinya lebih fokus kepada Yesus Kristus (FirmanNya, kasihNya, kemuliaanNya, karya-penyelamatanNya).
* Menjadi saksi Kristus tentu tidak dng cara membesar-besarkan diri sendiri. Banyak orang Kristen yg maksud hati menjadi saksi Kristus, tetapi dalam praktiknya yg lebih diceritakan & ditonjolkan adalah kesaksian perihal : “aku”, “keluargaku”, “anak-anakku”, “pelayananku”, “kehebatanku”,”hartaku”, “kesuksesanku”…. Semua berpusat pd “keakuannya” sendiri daripada memusatkan pd Kristus.

PERTANYAAN REFLEKTIF :
* Bagaimana umat Kristen dapat menjadi saksi Kristus, kalau mereka tidak mempunyai rasa keterpanggilan untuk menjadi saksi Kristus ?
* Bagaimana umat Kristen dpt menjadi saksi Kristus ? Sementara hidupnya masih berpusat pd diri sendiri (egois dan ego-sentris) ?
* Bagaimana umat Kristen dapat menjadi saksi Kristus, sementara mereka tdk menyadari telah menerima “KUASA” dari Roh Kudus, dan “kuasa” itu diabaikan begitu saja, alias “dipendam di dalam tanah”.
* Bagaimana umat Kristen dapat menjadi saksi Kristus, bila ternyata masih menikmati pola hidup duniawi dan menjadi batu sandungan ? Misalnya tenggelam di dalam pola hidup: pesta pora, bermabuk-mabukan, berjudi, melakukan korupsi, terlibat kekerasan premanisme, sombong, cinta uang, punya jimat (okultisme), kata-kata kotor & kasar, dsb. ?

Jadi untuk dapat menjadi SAKSI KRISTUS dibutuhkan syarat scr mutlak: BERTOBAT & HIDUP BARU, serta DAPAT MENJADI TELADAN dalam menaati Firman Allah (perintah Tuhan).

Semoga kita tidak menyia-nyiakan KUASA ROH KUDUS yang dikaruniakan oleh Tuhan bg kita, namun benar2 memfungsikannya seturut dng kehendak Allah, yaitu: MENJADI SAKSI KRISTUS.

SELAMAT MEMPERINGATAN HARI KENAIKAN TUHAN YESUS KE SURGA. SELAMAT MENJADI SAKSI KRISTUS YANG BAIK & BENAR. IMANUEL.

We love Jesus & you. God bless you all.

Renungan (by Suryadi,Pdt.), tgl. 8 Mei 2013, pk. 23.20 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar