Minggu, 19 Mei 2013

*" KASIH TANPA SYARAT "*

*" KASIH TANPA SYARAT "*
- (Peduli dan Melayani dengan Hati) -

" Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. "
(1 KORINTUS 13 : 4-7)

Sahabatku yang terkasih dalam Keluarga Kasih Kristus, ayat Firman Tuhan diatas memberikan sebuah penjelasan kepada kita semua, tentang arti mengasihi tanpa syarat yang juga harus kita miliki dan kerjakan didalam kehidupan sehari-hari, sebagai anak-anak Tuhan.

1). KASIH ITU SABAR.
~ Kesabaran adalah suatu hal mutlak yang wajib kita miliki, agar kita dapat berpikir secara jernih dan positif. Supaya kita dapat melakukan suatu kesabaran dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan, maka diperlukan adanya pelatihan secara terus-menerus, karena buah kesabaran hasilnya akan selalu manis.

2). KASIH ITU MURAH HATI.
~ Murah hati adalah kemampuan untuk melakukan segala sesuatu dengan sukarela tanpa adanya rasa bersungut-sungut. Kasih akan hal ini memberikan kemampuan kepada kita untuk suatu pemulihan. Jika kita memberikan kasih kepada sesama, tanpa batas, tanpa tembok maupun sekat, maka kasih itu akan bekerja dengan sukacita dan damai sejahtera.

3). KASIH ITU TIDAK CEMBURU.
~ Kasih tidak cemburu adalah kasih yang tidak pernah menyimpan iri hati terhadap sesuatu apapun terhadap yang dimiliki oleh orang lain. Namun sebaliknya kasih ini mengajarkan kepada kita untuk senantiasa mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita dengan sebuah kesetiaan dan ketaatan untuk mengembangkan talenta kita.

4). KASIH TIDAK MEMEGAHKAN DIRI DAN TIDAK SOMBONG.
~ Kasih akan hal ini mengajarkan untuk tetap memiliki kerendahan hati dalam setiap segi kehidupan yang kita jalani. Menjaga kerendahan hati di hadapan Tuhan untuk menjadi berkat bagi sesama, itulah yang dikendaki-NYA kepada kita sebagai Tubuh Kristus.

5). KASIH TIDAK MELAKUKAN YANG TIDAK SOPAN DAN MENCARI KEUNTUNGAN DIRI SENDIRI.
~ Kasih Tuhan yang kita tabur kepada sesama hendaklah untuk kepentingan bersama dan untuk satu kesatuan, yang dilakukan dengan kebaikan, kelemahlembutan dan penguasaan diri, supaya kasih ini tetap mendatangkan sukacita bagi yang menerimanya.

6). KASIH TIDAK PEMARAH.
~ Kasih menolong kita juga untuk menghindari reaksi yang cepat dan defensif. Kasih memberi kita kekuatan untuk mengendalikan sifat pemarah yang kita miliki. Kasih akan hal ini mengajarkan kepada kita untuk berdiam dan tenang sejenak ketika kita merasa kesal maupun kecewa terhadap seseorang, sehingga didalam diam dan ketenangan tersebut kita dapat memiliki kekuatan dari Tuhan untuk mengendalikan emosi yang ada didalam pribadi kita.

7). KASIH TIDAK MENYIMPAN KESALAHAN ORANG LAIN.
~ Kasih secara terus-menerus harus bekerja untuk melakukan penghapusan memori kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang lain terhadap kita. Sesungguhnya kita tidak perlu menyimpan kesalahan orang lain dalam kehidupan kita, karena itu adalah tanggung jawab Tuhan. Dan yang perlu kita lakukan dalam menjalani kasih ini adalah melakukan pengampunan terhadapnya, tanpa pernah mengungkit-ungkit maupun membicarakan lagi kesalahan seseorang kepada kita.

. KASIH TIDAK BERSUKACITA KARENA KETIDAKADILAN, TETAPI KARENA KEBENARAN.
~ Kasih ini akan memampukan kita untuk tidak menyebarkan gosip dan pembicaraan penuh kebencian yang begitu mudah kita ikuti. Namun kasih akan hal ini akan membuat kita mencari kebenaran dan bukan mempercayai semua yang kita dengar. Ini akan menghindarkan kita dari segala pemikiran maupun tindakan yang negatif dalam kehidupan kita.

Sahabatku yang terkasih dalam Keluarga Kasih Kristus, dari ke delapan JENIS KASIH TUHAN (Kasih Agape) diatas yang dapat kita bagikan kepada sesama, maka dapat disimpulkan bahwa KASIH selalu MENUTUPI SEGALA SESUATU, PERCAYA SEGALA SESUATU, MENGHARAPKAN SEGALA SESUATU, DAN SABAR MENANGGUNG SEGALA SESUATU. Dan saya percaya, kita semua dapat bersama-sama belajar serta menjalankannya meskipun ada harga yang harus dibayar didalam melakukannya, karena KASIH TUHAN TIDAK AKAN PERNAH GAGAL. Amin.

" Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. "
(1 YOHANES 4 : 16)

Salam Kegerakan Kasih Agape.
" We love Jesus and you. God bless you all. "
- (By : ABI) -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar