Minggu, 19 Mei 2013

PILAR-PILAR KEBAHAGIAAN "*

*" PILAR-PILAR KEBAHAGIAAN "*
- (Indonesia Peduli dan Melayani dengan Hati) -

" Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. "
( KOLOSE 3 : 14 )

Sahabatku didalam Keluarga Kasih Kristus, ketika kita memutuskan untuk menjalin suatu hubungan, kita pasti mengharapkan adanya sebuah KEBAHAGIAAN yang hadir di dalamnya. Bahagia dapat didefinisikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tenteram, serta bebas dari segala hal yang menyusahkan. Kita pastilah sangat mengharapkan pasangan kita penuh dengan pengertian, kesetiaan, kesehatan, ketaatan, penyayang, penuh kasih, dll.

Namun perlu kita semua mengetahui bahwa kebahagiaan tidak datang dengan sendirinya. Kebahagiaan perlu " DIBANGUN dan DIUPAYAKAN ". Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya agar kita dapat mengembangkan kebahagiaan dalam menjalani suatu hubungan tersebut..??
Mari.. Bersama-sama kita SIMAK yang dibawah ini.

1). SALING MENERIMA.
" Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah. "
( ROMA 15 : 7 )

~ Saling menerima merupakan kunci utama untuk mengatasi perbedaan. Pasangan kita memiliki karakter, kebiasaan, pemahaman, dan mungkin saja budaya yang berbeda, jika ia berasal dari suku atau bangsa yang lain. Kita jangan berusaha mengubah pasangan kita menurut apa yang kita mau, tetapi mulailah mengubah sikap kita demi kebaikan bersama. Ketika pasangan kita melihat perubahan sikap hidup kita yang lebih baik, besar kemungkinan ia juga akan mulai mengikuti untuk berubah menjadi lebih baik juga.

2). SALING MENGHARGAI.
" Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati. "
( 1 PETRUS 3 : 8 )

~ Saling menghargai berhubungan dengan rasa hormat kita kepada pasangan. Hargailah pasangan kita sebagai partner, jangan menganggap dan memperlakukan dia sebagai orang yang lebih rendah. Termasuk juga di dalamnya menghargai pendapat dan ide-idenya, sekalipun pendapatnya tidak sebaik yang kita harapkan.

3). SALING MENGUTAMAKAN.
" Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri. "
( FILIPI 2 : 3 )

~ Kita akan dapat mengutamakan pasangan kita, jika kita menganggap dia lebih penting daripada diri kita sendiri. Mengutamakan diri sendiri akan lebih banyak menimbulkan kesalahpahaman, yang dapat mengakibatkan sukacita dan damai sejahtera dalam suatu hubungan menjadi hilang. Utamakanlah pasangan kita, perasaannya, keinginannya, hobinya, dll. Sungguh teramat indah ketika dua insan saling mengutamakan pasangannya, dan adanya pelayanan timbal balik diantara keduanya.

4). SALING MEMUJI.
" Tidaklah baik makan banyak madu; sebab itu biarlah jarang kata-kata pujianmu. "
( AMSAL 25 : 27 )

~ Amsal mengatakan bahwa kata-kata pujian yang kita berikan hendaklah jarang. Artinya adalah memberikan pujian merupakan hal yang wajar, namun janganlah memberikan pujian yang berlebihan atau mengada-ada, karena hal tersebut tidaklah menarik bagi pasangan kita. Pujian yang diberikan secara wajar dalam waktu dan tempat yang tepat merupakan motivasi yang baik bagi pasangan kita. Jika selama ini kita terbiasa mengkritik pasangan, sekarang gantilah kritikan-kritikan itu menjadi sebuah pujian yang akan membuat pasangan kita bersukacita.

5). SALING MENGAMPUNI.
" Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. "
( EFESUS 4 : 32 )

~ Dalam menjalani suatu hubungan dengan pasangan kita, pastilah akan ada yang namanya sebuah kesalahpahaman ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan. Sebagai anak-anak Tuhan yang telah diampuni-NYA, kita hendaklah juga bersedia memberikan pengampunan kepada pasangan kita, ketika sikap atau tindakan pasangan menyakiti hati kita.

6). SALING MEMBANGUN.
" Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. "
( 1 TESALONIKA 5 : 11 )

~ Bantulah pasangan kita untuk berubah menjadi lebih baik. Jangan membiarkan dia hidup di dalam kesalahannya, namun tegurlah dengan kasih dan doakan pasangan kita, supaya pribadi kita bersama pasangan dapat semakin baik dan bertumbuh semakin maju di dalam Tuhan.

Mari.. Bawalah Kasih Tuhan di dalam kehidupan bersama pendamping kita, agar Nama Tuhan semakin dipermuliakan. Amin.

Salam Kegerakan Kasih Agape.
" We love Jesus and you. God bless you all. "
- (ABI) -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar